DAMPAK PERGESERAN KEBIJAKAN KOTA TAMBANG MENJADI KOTA WISATA TAMBANG BERBUDAYA PADA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KOTA SAWAHLUNTO

  • Delmira Syafrini unp
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Revitalisasi, Sawahlunto, Wisata Pertambangan, warisan wisata

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang dampak dari pergeseran kebijakan kota tambang menjadi kota wisata tambang berbudaya di Kota Sawahlunto Sumatera Barat. Topik ini menarik untuk di bahas karena Sawahlunto adalah kota yang pernah dikenal dunia sebagai kota tambang batubara, namun mengalami depresi pasca reformasi di Indonesia akibat menipisnya cadangan batu bara. Namun saat ini Kota Sawahlunto bangkit kembali dengan mengubah arah pembangunan kota, melalui visi “Sawahlunto tahun 2020 menjadi kota wisata tambang berbudaya”. Perubahan kebijakan di kota ini ternyata mampu membangkitkan Kota Sawahlunto dari keterpurukan, terbukti dari membaiknya kembali kehidupan kota yang hampir menjadi ‘kota mati’ ini. Baik kehidupan sosial maupun perekonomian masyarakat yang terbukti dengan menurunnya angka kemiskinan dari tahun ke tahun di Kota Sawahlunto.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-12

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.