DAMPAK PERGESERAN KEBIJAKAN KOTA TAMBANG MENJADI KOTA WISATA TAMBANG BERBUDAYA PADA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KOTA SAWAHLUNTO

  • Delmira Syafrini unp
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang dampak dari pergeseran kebijakan kota tambang menjadi kota wisata tambang berbudaya di Kota Sawahlunto Sumatera Barat. Topik ini menarik untuk di bahas karena Sawahlunto adalah kota yang pernah dikenal dunia sebagai kota tambang batubara, namun mengalami depresi pasca reformasi di Indonesia akibat menipisnya cadangan batu bara. Namun saat ini Kota Sawahlunto bangkit kembali dengan mengubah arah pembangunan kota, melalui visi “Sawahlunto tahun 2020 menjadi kota wisata tambang berbudaya”. Perubahan kebijakan di kota ini ternyata mampu membangkitkan Kota Sawahlunto dari keterpurukan, terbukti dari membaiknya kembali kehidupan kota yang hampir menjadi ‘kota mati’ ini. Baik kehidupan sosial maupun perekonomian masyarakat yang terbukti dengan menurunnya angka kemiskinan dari tahun ke tahun di Kota Sawahlunto.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-12
How to Cite
SYAFRINI, Delmira; FERNANDES, Reno. DAMPAK PERGESERAN KEBIJAKAN KOTA TAMBANG MENJADI KOTA WISATA TAMBANG BERBUDAYA PADA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KOTA SAWAHLUNTO. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 74-82, mar. 2018. ISSN 2442-8663. Available at: <http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/23>. Date accessed: 25 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.23.