ADAPTASI SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF

  • Reno Fernandes Sosiologi FIS UNP

Abstract

Artikel ini dibuat diambil dari penelitian respon sekolah terhadap kebijakan pendidikan Inklusif di kota Padang. Lebih dalamnya penelitian ini ingin melihat realitas pihak sekolah merespon instruksi yang diberikan pemerintah kepada sekolah meskipun masih terdapat kekurangan sarana dan prasanana untuk menjalankan pendidikan inklusif. Penelitian tersebut berangkat dari paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif, dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan, sekolah merespon dengan menjalankan program pendidikan inklusif cendrung melakukan pemeriharaan sistem dan  menjaganya tetap dalam keseimbangan (equilibrium) dengan sistem lainnya. Dalam  menjaga keseimbangan (equilibrium)  sekolah harus melakukan Adaptation (adaptasi) dengan lingkungan. Di kota Padang pendidikan inklusi tetap saja dijalankan oleh sekolah dengan penyesuaian yang dilakukannya dengan sumber daya yang dimilikinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-12
How to Cite
FERNANDES, Reno. ADAPTASI SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 119-125, mar. 2018. ISSN 2442-8663. Available at: <http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/16>. Date accessed: 25 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.16.