Perilaku Belajar Mahasiswa Batak Toba di Universitas Negeri Manado

  • Dahlia Morina Hutagalung Universitas Negeri Manado
  • Ferdinand Kerebungu Universitas Negeri Manado
  • Maryam Lamadirisi Universitas Negeri Manado

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perilaku belajar mahasiswa Batak Toba di Perguruan Tinggi. Tujuan tersebut berdasarkan permasalahan yaitu terdapat perubahan perilaku belajar mahasiswa Batak Toba di Universitas Negeri Manado dibandingkan ketika masih duduk dibangku SMA. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode ini digunakan untuk mengetahui fenomena perilaku belajar mahasiswa Batak Toba Universitas Negeri Manado yang mengalami perubahan cara belajar dan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif menurut Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi perubahan perilaku belajar pada mahasiswa Batak Toba di perguruan tinggi khususnya di Universitas Negeri Manado, jika dibandingkan ketika masih duduk di bangku SMA. Perubahan perilaku belajar dapat dilihat dari prestasi belajar yang menurun, faktor penyebabnya yaitu perilaku malas mengikuti perkuliahan yang disebabkan karena lingkungan pergaulan, jauh dari pengawasan atau kontrol langsung orang tua dan tidak mampu mengatur waktu belajar. Prestasi belajar yang menurun dapat dlihat dari indeks prestasi semester mahasiswa Batak Toba yang berdampak pada tidak dapat menyelesaikan masa studi tepat waktu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30
How to Cite
HUTAGALUNG, Dahlia Morina; KEREBUNGU, Ferdinand; LAMADIRISI, Maryam. Perilaku Belajar Mahasiswa Batak Toba di Universitas Negeri Manado. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 36-46, june 2021. ISSN 2442-8663. Available at: <http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/299>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.24036/scs.v8i1.299.