Penguatan Pendidikan Karakter pada Anak-Anak Pekerja Migran Indonesia di Sanggar Bimbingan Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.24036/scs.v12i1.722Keywords:
Pekerja Migran Indonesia (PMI), Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Sanggar Bimbingan (SB) MalaysiaAbstract
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan implikasi penting yang harus dimiliki oleh semua pelajar sebagai upaya membentuk individu yang produktif dan berguna bagi masyarakat dan negara. Namun, muncul berbagai masalah sosial dan tantangan dalam PPK bangsa Indonesia khususnya pada anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana upaya dan dampak pengembangan program PPK pada anak anak PMI di Sanggar Bimbingan (SB) Malaysia sebagai institusi pendidikan non-formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara dan observasi yang dilakukan dalam tiga tahapan selama tiga bulan. Tahap pertama adalah tahap persiapan dengan menggali informasi yang dibutuhkan, menetapkan materi dan peserta. Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan yang terdiri dari sosialisasi, pendampingan dan pelatihan, tes awal dan tes akhir selama dua bulan. Tahap ketiga adalah tahap evaluasi dan pelaporan termasuk tindak lanjut program secara berkelanjutan. Hasil penelitian yang menggunakan teori experiential learning ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai-nilai PPK pada anak anak PMI khususnya nilai religius, nasionalis, integritas dan gotong royong yang sesuai dengan Pancasila dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Lebih lanjut implementasi penelitian ini berkontribusi secara berkelanjutan untuk memberikan pedagogy efektif di lembaga pendidikan informal di luar negeri dengan berusaha menyesuaikan Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran berbasis pengalaman dalam pembiasaan nilai-nilai Pancasila dan AIK dalam kehidupan keseharian di keluarga, sekolah dan masyarakat global.
Downloads
References
Asrori, A. (2017). Radikalisme di Indonesia: Antara Historisitas dan Antropisitas. Kalam, 9(2), 253. https://doi.org/10.24042/klm.v9i2.331
Balakrishnan, R., Li, T., Zhou, T., Himayat, N., Smith, V., & Bilmes, J. (2022, April). Diverse client selection for federated learning via submodular maximization. In International Conference on Learning Representations.
Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition.’ Cambridge Journal of Education, 49(6), 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529
Dahliyana, A. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1).
Handoyo, L. D., Suparno, P., & Suparno, P. (2020). Service-learning in Indonesia: The benefits of developing students’ characters in higher education. Academia, (20-21), 138-153.
Halberstadt, J., Timm, J. M., Kraus, S., & Gundolf, K. (2019). Skills and knowledge management in higher education: how service learning can contribute to social entrepreneurial competence development. Journal of Knowledge Management, 23(10), 1925–1948. https://doi.org/10.1108/JKM-12-2018
Hidayat, O. T., & Balakrishnan, V. (2024). Developing Moral Education Through Service Learning: Indonesia Higher Education Context. Asian Journal of University Education (AJUE), 20(2). https://doi.org/10.24191/ajue.v20i2.27006
Hidayat, O. T., & Budimansyah, D. (2018). Civic Culture Paradigms. 2(Icse 2017), 570–577.
Indarwati, E. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Teacher in Educational Research, 2(1), 1. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.60
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kemendikbud. (2017a). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2017b). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: kemendikbud.
Lee, A. (2016). Implementing character education program through music and integrated activities in early childhood settings in Taiwan. International Journal of Music Education, 34(3), 340–351. https://doi.org/10.1177/0255761414563195
Lee, G. L. (2013). Re-emphasizing Character Education in Early Childhood Programs: Korean Children’s Experiences. Childhood Education, 89(5), 315–322. https://doi.org/10.1080/00094056.2013.830907
Luhuringbudi, T., Liza, F., & Akbar, N. (2020). Islam Berkemadjoean Perspektif Globalisasi: Kontribusi Islam Indonesia pada Peradaban Global. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 11(1), 74–96. https://doi.org/10.32923/maw.v11i1.1011
Makovec, D. (2018). The teacher’s role and professional development. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 6(2), 33–45. https://doi.org/10.5937/ijcrsee1802033M
McDougle, L. M., & Li, H. (2023a). Service-Learning in Higher Education and Prosocial Identity Formation. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 52(3), 611–630. https://doi.org/10.1177/08997640221108140
McDougle, L. M., & Li, H. (2023b). Service-Learning in Higher Education and Prosocial Identity Formation. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 52(3), 611–630. https://doi.org/10.1177/08997640221108140
Mironesco, M. (2021). Service-Learning and Civic Engagement: Environmental Awareness in Hawai‘i. Journal of Political Science Education, 17(S1), 583–598. https://doi.org/10.1080/15512169.2020.1777146
Muhibbin, A., Monica, G. T., Patmisari, P., & Muthali’in, A. (2021). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Menggunakan Strategi Point Counterpoint. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 233–252. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3181
Muhibbin, A., Patmisari, P., Naidu, N. B. M., Prasetiyo, W. H., & Hidayat, M. L. (2023). An analysis of factors affecting student wellbeing: Emotional intelligence, family and school environment. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(4), 1954–1963. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i4.25670
Muzakkir, Hussin, Z., & Razak, R. A. (2022). Teachers’ beliefs towards character education curriculum in primary school: a systematic literature review. Education 3-13. https://doi.org/10.1080/03004279.2022.2142478
Naufalian, H., Khoiroh, F., Lutfiyah, E., & Untari, S. (2024). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Media Audio Sound Lagu Lagu Nasional dan Daerah Pada Siswa SDN 1 Sumbersuko. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1407-1413.
Niehlah, A. R., Jufriansah, A., Khusnani, A., Fauzi, I. M., & Sari, T. P. (2023). Penguatan Pendidikan sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Jasmani bagi Anak Pekerja Migran di Sanggar Bimbingan Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 105–122. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.127
Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., Swastika, A., & Hidayat, O. T. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 65–73). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22008
Osman, T., Yang, Y., Tursun, E., & Cheng, L. (2019). Collaborative analysis of Uyghur morphology based on character level. Acta Scientiarum Naturalium Universitatis Pekinensis, 55(1), 47-54.
Patmisari, P., Sumarsih, E. J., Setyadi, Y. B., Prasetiyo, W. H., & Muthali’in, A. (2020). Peningkatan Partisipasi Politik dalam Kerangka Otonomi Desa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 213. https://doi.org/10.17977/um019v5i2p213-225
Prasetyo, D. E., & Arsalan, S. (2014). Optimalisasi Pemanfaatan Ruang Laut di Wilayah Pesisir dengan Sistem Kadaster Laut. Seminar Nasional Geomatika.
Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 10-20.
Resch, K., & Schrittesser, I. (2021). Using the Service-Learning approach to bridge the gap between theory and practice in teacher education. International Journal of Inclusive Education. https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1882053
Rianto, H. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 80–91.
Saswandi, T., & Sari, A. P. (2019). Analisis penerapan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 27. https://doi.org/10.29210/120192327
Shubert, J., Wray-Lake, L., Syvertsen, A. K., & Metzger, A. (2019). The role of family civic context in character development across childhood and adolescence. Applied Developmental Science, 0(0), 1–16. https://doi.org/10.1080/10888691.2019.1683452
Thornberg, R., & Oğuz, E. (2016). Moral and citizenship educational goals in values education: A cross-cultural study of Swedish and Turkish student teachers' preferences. Teaching and Teacher Education, 55, 110-121.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Socius

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.