Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Dalam Pilpres 2024 pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2023

  • Sandrina Anastasya Violin Universitas Jenderal Soedirman
  • Mahadhir Ali Hussain Universitas Jenderal Soedirman
  • Dama Gandes Hayu Maharani Universitas Jenderal Soedirman
  • Stevy Tri Saskia Putri Universitas Jenderal Soedirman
  • Sharlen Taurisya Agati DJ Universitas Jenderal Soedirman
  • Muhammad Ghifa Al Farizi Universitas Jenderal Soedirman
  • Liza Al Khafidhoh Universitas Jenderal Soedirman
  • Ratna Dewi Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Mahasiswa, Partisipasi Politik, Pemilihan Presiden, Pemilih Pemula

Abstract

Abstrak
Partisipasi politik masyarakat dalam pemilu dipandang sebagai kontrol masyarakat terhadap suatu pemerintahan. Mahasiswa sebagai pemilih pemula diharapkan dapat berpartisipasi aktif dan cerdas dalam pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan dalam Pilpres 2024 pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2023. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel berasal dari mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2023 berjumlah 299 responden melalui perhitungan Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan dalam Pilpres 2024 pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2023, antara lain agama, kelompok agama, kepribadian, suku bangsa, penampilan, partai politik, dan latar belakang keluarga. Berdasarkan 4 faktor tersebut, faktor kepribadian memberikan pengaruh yang paling besar terhadap keputusan memilih pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2023.
Kata kunci: Faktor; Pemilihan; Memengaruhi, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.