UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PARIAMAN

  • Deri Indra Hadi UNP
  • Junaidi Junaidi UNP
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, Kemampuan berpikir kritis

Abstract

Pembelajaran sosiologi di sekolah tidak hanya memberi tekanan pada pemahaman tetapi membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pariaman dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini terdiri atas dua siklus.Instrumen penelitian berupa lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-05

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.