Pengaruh Penerapan Model Konsiderasi Terhadap Pembentukan Sikap Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMA Adabiah Padang

  • Mutia Kahana Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang
  • Junaidi Junaidi Sosiologi FIS UNP

Abstract

Dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA Adabiah Padang beberapa siswa belum mampu menunjukkan beberapa sikap sikap toleransi dan nondiskriminasi terhadap masyarakat lain yang memiliki etnis dan agama yang berbeda. Untuk mengatasi masalah itu peneliti memilih model pembelajaran konsiderasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model konsiderasi terhadap pembentukan sikap siswa dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Adabiah Padang. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas XI IPS 2 dan sebagai kelas kontrol adalah XI IPS 5. Instrumen penelitian adalah berupa angket untuk memperoleh data mengenai sikap siswa terhadap mata pelajaran sosiologi dengan menggunakan model konsiderasi, selanjutnya hasil data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor sikap siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas eksperimen adalah 50,74, sedangkan rata-rata skor sikap siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas kontrol adalah 43,85, pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis diperoleh t hitung = 2,88 dengan taraf nyata α = 0,05 dan df = 77, sedangkan t tabel = 2,00 karena t hitung > t tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak. Oleh karena itu, berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model konsiderasi berpengaruh terhadap sikap siswa dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA Adabiah Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
How to Cite
KAHANA, Mutia; JUNAIDI, Junaidi. Pengaruh Penerapan Model Konsiderasi Terhadap Pembentukan Sikap Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMA Adabiah Padang. SOCIUS, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 62-69, dec. 2019. ISSN 2442-8663. Available at: <http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/139>. Date accessed: 27 jan. 2020. doi: https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.139.