UPAYA PREVENTIF MASALAH KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA MELALUI MEDIA INFORMATIF BUKU SAKU KESPRO BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK ORANG TUA DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Helpi Nelwatri Poltekkes Kemenkes RI Padang

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh randahnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Salah satu faktor penyebab rendahnya pengetahuan remaja tersebut adalah karena kurangnya keterlibatan orang tua dalan upaya preventif mencegah masalah kesehatan reproduksi remaja di Kabupaten Lima Puluh Kota. Maka perlu buku panduan kesehatan reproduksi untuk orang tua dengan pendekatan budaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metodeĀ  Pengembangan (Research and Development). adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian: Sumber informasi tentang kesehatan reproduksi remaja di Kabupaten Lima Puluh Kota adalah dari orang terdekat, penyuluhan kesehatan dan kader posyandu, serta media massa. Peran orang tua dalam memberikan informasi kesehatan reproduksi remaja tersebut di Kabupaten Lima Puluh Kota adalah berperan sebagai pemberi informasi pertama dan mengawasi perkembangan kesehatan reproduksi anak. Strategi preventif untuk memberikan informasi kesehatan reproduksi pada remaja dalam mengatasi masalah kesehatan reproduksi, yaitu dengan cara pendidikan kesehatan reproduksi oleh orang tua menggunakan buku saku kesehatan reproduksi untuk orang tua berbasis budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-05
How to Cite
NELWATRI, Helpi. UPAYA PREVENTIF MASALAH KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA MELALUI MEDIA INFORMATIF BUKU SAKU KESPRO BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK ORANG TUA DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17-21, mar. 2018. ISSN 2442-8663. Available at: <http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/13>. Date accessed: 24 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.24036/scs.v4i1.13.